Ada Pembobolan ATM BRI dengan "Skimming", Ini Penjelasan BRI


Begini Cara Kerja <i>Skimming</i> Kartu ATM


PT Bank Mandiri Tbk baru-baru ini mengumumkan bahwa ribuan kartu Automated teller Machine (ATM) atau kartu debit milik nasabah mereka telah dibobol. Budi Gunadi Sadikin selaku Direktur Utama Bank Mandiri mengkonfirmasi pembobolan kartu ATM nasabah mereka dilakukan dengan metode skimming.

Laporan terkini menyebutkan Bank Mandiri telah menemukan ada 6 mesin ATM mereka yang terindikasi dipasangi alat skimmer yang telah digunakan oleh lebih dari 10 ribu nasabah untuk bertransaksi di ATM tersebut.

Lalu seperti apakah cara kerja pembobolan kartu ATM dengan metode skimming?

Menurut penjelasan yang dipaparkan oleh laman How Stuff Workscard skimming adalah aktivitas menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik (magnetic stripe) yang terdapat pada kartu kredit maupun ATM/debit secara ilegal.

Ini artinya, dapat disimpulkan bahwa skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM/debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban.

Laman Bank Tech menerangkan bahwa teknik pembobolan karu ATM nasabah melalui teknik skimming pertama kali teridentifikasi pada 2009 lalu di ATM Citibank, Woodland Hills, California. Saat itu diketahui jika teknik skimming dilakukan dengan cara mengggunakan alat yang ditempelkan pada slot mesin ATM (tempat memasukkan kartu ATM) dengan alat yang dikenal dengan nama skimmer. Modus operasinya adalah mengkloning data dari magnetic srtripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah.

Sebagai informasi, magnetic stripe adalah garis lebar hitam yang berada dibagian belakang kartu ATM. Fungsinya kurang lebih seperti tape kaset, material Ferromagnetic yang dapat dipakai untuk menyimpan data (suara, gambar, atau bit biner).


Secara teknis, cara kerjanya mirip CD writer pada komputer yang mampu membaca CD berisi data, kemudian menyalinnya ke CD lain yang masih kosong. Dan isinya dapat dipastikan akan sama persis dengan CD aslinya.

Skimmer bukan satu-satunya alat yang digunakan oleh para pelaku skimming. Para pelaku biasanya juga memanfaatkan kamera pengintai (spy cam) untuk mengetahui gerakan jari nasabah saat memasukkan PIN kartu ATM. Namun kamera pengintai sudah jarang digunakan seiring dengan semakin canggihnya alat skimmer yang digunakan para pelaku.

Laman How Stuff Works melaporkan jika kini telah beredar pula jenis skimmer yang dilengkapi dengan kemampuan membaca kode PIN kartu ATM. Dan hebatnya lagi,skimmer jenis ini juga bisa langsung mengirimkan data-data yang didapat via SMS pada pelaku.

Alat skimmer diketahui dapat dibeli pasar-pasar gelap yang hanya diketahui oleh kalangan terbatas dengan banderol mulai dari US$ 500. Malah tak sedikit pula para pelaku yang sudah ahli dapat memproduksinya sendiri dengan mudah.|

Berikut sistematis cara kerja pelaku skimming :

1. Pelaku mencari target mesin ATM yang ingin dipasangai skimmer. Kriteria yang dicari adalah mesin ATM yang tidak ada penjagaan kemanan, sepi dan tidak ada pengawasan kamera CCTV.

2. Pelaku memulai aksi pencurian data nasabah dengan memasang alat skimmer pada mulut mesin ATM.

3. Melalui alat skimmer para pelaku menduplikasi data magnetic stripe pada kartu ATM lalu mengkloningnya ke dalam kartu ATM kosong. Proses ini bisa dilakukan dengan cara manual, di mana pelaku kembali ke ATM dan mengambil chip data yang sudah disiapkan sebelumnya. Atau bila pelaku sudah menggunakan alat skimmer yang lebih canggih, data-data yang telah dikumpulkan dapat diakses dari mana pun. Umumnya data dikirimkan via SMS.
1Mayu kana' jhek rasarah jhek kun becah malolo tang blog rea mara komentari blog rea se ajudul "Ada Pembobolan ATM BRI dengan "Skimming", Ini Penjelasan BRI"

Kemarin 6 maret 2018 sekitar jam 1 siang di hp kU ada laporan transaksi penarikan dana sebesar 1 juta lima kali dan transfer ke BCA senilai 6.400.000.

Kejadian ini sudah saya laporkan ke bri kppn Jl Ir. Juanda jakarta dan diterima oleh Beri selaku cs.

Dalam pelaporan itu saya mendapat salinan surat laporan yg intinya tidak melakukan transaksi tersebut diatas. Saat ini masih dalam proses investigasi oleh BRI pusat menurut Beri.

Adapun hasil investigasi akan diberitahukan kepada saya (ratmawan Ari) paling lambat 20 hari kerja setelah pelaporan.

Back To Top